Ilustrasi twitter.
Ilustrasi twitter. (sumber: AFP Foto)
California - Jika Anda mendapatkan pesan dari Twitter untuk mengatur ulang (reset) kata sandi Anda, tak perlu khawatir. Kendati pesan tersebut bisa membuat Anda was-was, akun Anda di Twitter kemungkinan besar tidak diretas pihak yang tak bertanggung jawab.
Kebingungan yang dialami banyak pengguna Twitter terjadi pada Selasa (4/3) malam dimana Twitter mengunci beberapa akun pengguna. Twitter kemudian mengirimkan email kepada pengguna tersebut yang meminta mereka untuk mengatur ulang kata sandi (password).
"Twitter meyakini akun Anda kemungkinan sudah diretas satu situs atau layanan yang tak berhubungan dengan Twitter. Kami sudah me-reset password untuk mencegah seseorang mengakses akun Anda," demikian bunyi email yang dikirimkan Twitter.
Ternyata masalah tersebut terjadi bukan karena aktivitas peretas. Kesalahan tersebut terjadi kesalahan internal, seperti yang diungkapkan oleh situs Re/code.
"Kami secara tidak sengaja mengirimkan pemberitahuan untuk mengubah password malam ini karena terjadinya kesalahan sistem. Kami meminta maaf atas ketidanyamanan yang dialami pengguna yang terpengaruh atas hal ini," kata juru bicara Twitter.
Masalah itu berpengaruh kepada kurang dari satu persen pengguna Twitter. Sayangnya mereka yang terkena masalah reset password itu tetap harus mengubah kata sandi untuk bisa kembali mengakses akun Twitter mereka.