Latest Music :
Home » , » Centang Dua Yang Salah Kaprah di WhatsApp

Centang Dua Yang Salah Kaprah di WhatsApp

Thursday, March 13, 2014 | 0 comments

http://images.detik.com/content/2014/03/13/398/whatsapp.jpg(ilustrasi/Getty Images)
 "Gue kirim pesan, udah tanda centang dua tapi gue tunggu dia gak balas-balas," keluh seorang pengguna WhatsApp. Si pengguna ini kesal. Mengira temannya sombong, sudah membaca pesan tapi tidak juga membalas pesannya.

Nah, apakah Anda juga berpikir tanda centang dua di pesan WhatsApp berarti pesan sudah dibaca? Jika iya, sepertinya memang masih banyak orang yang salah kaprah soal ini.

Ya, tak seperti layanan messenger lain, WhatsApp memang tidak punya notifikasi bahwa pesan yang kita kirimkan sudah dibaca atau belum oleh si penerima. Pada BlackBerry Messenger (BBM) dan Line misalnya, pesan yang sudah dibaca akan ditandai dengan huruf 'R' di dekat pesan, yang berarti 'Read'.

Mungkin itu sebabnya, banyak yang mengira tanda centang dua sama seperti tanda 'R' di BBM atau Line. WhatsApp melalui halaman Frequently Asked Questions (FAQ) di situs resminya menjelaskan soal ini, pada pertanyaan "Apakah arti tanda centang di sebelah pesan saya?".

Dijelaskan WhatsApp, tanda centang satu artinya pesan berhasil dikirim ke server. Sementara tanda centang dua berarti pesan berhasil dikirim ke ponsel teman chatting Anda. Pada bagian ini, WhatsApp memberikan catatan.

"Tanda ini tidak menunjukkan bahwa pesan sudah dibaca, namun hanya menyatakan bahwa pesan telah diterima di ponsel mereka," demikian seperti dikutip detikINET, Kamis (13/3/2014).

Di halaman ini, WhatsApp juga menjelaskan bahwa dalam percakapan di grup, kita hanya akan melihat tanda centang satu yang berarti pesan telah sukses terkirim ke server.

Lantas bagaimana mengetahui pesan kita sudah dibaca atau belum? Berdasarkan pengalaman detikINET, setidaknya kita bisa memperkirakannya dari waktu 'last seen' yang ditampilkan di bagian bawah nama profil teman chatting. Ini adalah penanda kapan terakhir kali rekan chatting kita membuka WhatsApp-nya. 

Misalnya, Anda mengirim pesan dengan tanda centang dua, tertulis pukul 09.45 AM. Lalu di bagian 'last seen' rekan chatting, tertulis 'last seen today 8.04 am'. Ini memperlihatkan pesan Anda belum dibaca karena si penerima pesan, terakhir kali mengakses WhatsApp-nya pada pukul 08.04 am. 

Sayangnya, ini pun tidak selalu bisa jadi patokan. Karena 'last seen' hanya penanda waktu terakhir kali lawan bicara mengakses WhatsApp-nya. Bisa saja dia sudah melihat notifikasi pesan masuk, namun belum membuka jendela chat pesan yang Anda kirimkan. Misalnya, dia sedang membuka WhatsApp tapi sedang chat dengan orang lain. 

WhatsApp menambahkan, ada sejumlah alasan mengapa pesan hanya terkirim ke server, namun tidak diterima rekan chatting. Kemungkinan tersebut antara lain,
  • Ponsel mereka mungkin dimatikan atau isi baterai ponsel mereka habis.
  • Kemungkinan mereka sedang tidur, terutama jika mereka tinggal di zona waktu yang berbeda.
  • Mereka mungkin tidak tersambung ke internet (contohnya, jika mereka sedang berada di lift, sedang roaming, atau kehabisan pulsa).
  • Mereka mungkin telah melihat pemberitahuan pada layar, namun belum membuka aplikasi untuk menyatakan bahwa pesan telah disampaikan (sangat umum terjadi pada penerima yang menggunakan iPhone).
  • Mereka mungkin telah memblokir Anda.

Ini memang masih menjadi kelemahan WhatsApp. Karena patut diakui, bagi pengguna layanan messenger, kejelasan notifikasi status pesan terkirim atau tidak, sangat diperlukan.
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Chandra Optiandi || STMIK Amikom Yogyakarta
Copyright © 2014. Welcome,Reader! - All Rights Reserved
Template Modify By : Chandra Optiandi
Proudly Powered By : Blogger