Latest Music :
Home » , , » Becak Listrik Karya Putra Amien Rais

Becak Listrik Karya Putra Amien Rais

Saturday, February 8, 2014 | 0 comments

detail berita
F: Becak Listrik (Prabowo/Okezone)
YOGYAKARTA - Putra revormis Amin Rais, Hanafi Rais, meluncurkan becak listrik di Nol Kilometer Yogyakarta pagi ini. Terdapat dua becak listrik yang bentuknya sama persis menyerupai becak pada umumnya.

"Sudah ada mobil listrik, motor listrik, dan sepeda listrik. Tapi untuk becak listrik, ini baru kita luncurkan, ini kreasi asli anak Yogya yang selalu inovatif, peduli lingkungan, dan memanfaatkan teknologi," kata Hanafi Rais, Minggu (2/2/2014).

Caleg PAN dapil DIY itu mengaku, munculnya becak listrik atas inisiatif untuk mengembangkan becak. Terlebih, pengembangan becak listrik atas komitmen mantan Walikota Yogya, Herry Zudianto untuk mendukung Yogya sebagai wilayah yang ramah lingkungan.

Hanafi juga memperkenalkan pembuat becak listrik tersebut, Winawan yang akrab disapa Mas Wiwien. "Dia ini bukan lulusan universitas kenamaan, tapi lulusan STM Nasional, sekarang sudah engak ada sekolahnya," kata Hanafi.

Wiwien mengaku sistem becak listrik ini serupa dengan motor metik. Tapi, yang mengerakkan hanya sebuah dinamo dan batre dari aki. Pengisian aki hanya membutuhkan listrik 30 watt, sehingga daya listrik di rumah semisal 450 watt atau 900 watt bisa dipergunakan.

"Sistem matik, beban yang bisa diangkut sekitar 300 kilogram. Jarak tempuh sekali pengisian baterai bisa mencapai 60 kilometer," katanya.

Sistem becak ini juga masih bisa digenjot dengan kaki. Jika tanjakan dan beban terlalu berat, bisa dibantu dengan genjot kaki. "Kalau tanjakan bisa digenjot, becak ini fleksibel kok pemakaiannya," bebernya.

Dia menyampaikan untuk perakitan satu unit becak dibutuhkan biaya sekira 10 juta. Mantan Walikota Yogya dua periode, Herry Zudianto sangat bangat atas kreasi ini. Dia sempat menyebut becak listrik ini dengan nama 'nyotrik'.

"Ini luar biasa sekali, kalau boleh saya menyampaikan becak nyotrik: genjot ada listriknya juga," beber Herry.

Ketua PMI DIY itu sempat menyindir keberadaan becak bermesin motor. Dia tidak sependapat motor dirombak menjadi bentor (becak motor). "Kalau bentor itu tidak ramah lingkungan, coba kalau ini, ramping bentuknya seksi sekali," bebernya.
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Chandra Optiandi || STMIK Amikom Yogyakarta
Copyright © 2014. Welcome,Reader! - All Rights Reserved
Template Modify By : Chandra Optiandi
Proudly Powered By : Blogger