Latest Music :
Home » , , » Malware Android Kian Canggih, Menyamar Jadi Aplikasi Antivirus!

Malware Android Kian Canggih, Menyamar Jadi Aplikasi Antivirus!

Tuesday, March 11, 2014 | 0 comments

Malware Android
Popularitas Android sebagai OS paling tenar di muka Bumi senada dengan ancaman Malware yang terus menyandera. F-Secure menemukan sebuah Malware yang menyamar jadi aplikasi antivirus. Seperti apa?
Melansir PC Mag, tak hanya ‘berpura-pura’ sebagai aplikasi antivirus, Malware Android tersebut juga ‘menyerang’ app antivirus itu untuk mencegah lakukan pemindaian dan kepentingan mencuri data pengguna.
Dalam pada itu pula F-Secure juga menemukan sejumlah aplikasi berbahaya atau tersemat Malware yang menyamar dalam sebuah aplikasi widget Clock (jam). Aplikasi jenis widget sangat populer di kalangan pengguna yang ingin mengkostumisasi tampilan home screen mereka.
Aplikasi yang ditengarai tersemat Malware itu beredar di toko aplikasi pihak ketiga atau non resmi asal China. Setelah terinstall, aplikasi itu akan membuat pintasan aplikasi (shortcut) yang tampilkan ikon di home screen berupa update system, layanan pesan instan China QQ, dan aplikasi keamanan mobile 360Antivirus.
Ketika pintasan aplikasi itu di-tap atau dibuka dan dijalankan, maka secara otomatis Malware akan aktif. Lalu, Malware akan mencuri sejumlah data informasi pengguna mulai lokasi GPS, foto, SMS, kotak telepon, log panggilan, dan lainnya.
Celakanya lagi, aplikasi Malware tersebut akan mendeteksi app keamanan mobileatau antivirus dan meminta akses root pengguna untuk menghapus atau bypassdengan memodifikasi data dari database mereka. Sehingga, aplikasi antivirus itu tidak akan mampu mendeteksi kehadiran Malware tersebut.
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Chandra Optiandi || STMIK Amikom Yogyakarta
Copyright © 2014. Welcome,Reader! - All Rights Reserved
Template Modify By : Chandra Optiandi
Proudly Powered By : Blogger