Latest Music :
Home » , , , » Video `Look Back` Facebook Ditunggangi Virus, Waspadalah!

Video `Look Back` Facebook Ditunggangi Virus, Waspadalah!

Saturday, March 1, 2014 | 0 comments


Untuk merayakan ulang tahunnya ke-10, Facebook membuatkan video singkat "Look Back" untuk pengguna layanannya agar bisa melihat perjalanan mereka selama di jejaring sosial itu. Saking senangnya, pengguna Facebook ramai-ramai men-share video itu di Facebook untuk dipamerkan ke teman.

Namun berhati-hatilah, scammer (pelaku scam di internet) ternyata mencoba memanfaatkan popularitas video Look Back untuk menyebarkan software berbahaya alias malware.

Menurut situs Cyberwarzone, para penjahat dunia maya telah mem-posting link yang mengarahkan pengunjung ke website palsu Facebook Look Back. Website ini sengaja dibuat agar telihat mirip dengan website asli Facebook Look Back. 

Saat dibuka, bukannya akan mendapati video, pengunjung website akan diminta untuk menginstal sesuatu. Hacker rupanya telah berhasil mencuri template Facebook Look Back dan membuat halaman palsu yang mirip untuk menjebak user menginstal aplikasi berbahaya.

Jika gambar diklik, maka akan terinstal sebuah file yang di dalamnya berisi malware untuk menginfeksi komputer Anda. 
Karena itulah, jika Anda ingin melihat video Look Back, pastikan URL-nya sudah tepat yaitu: https://www.facebook.com/lookback. Jika Anda terlanjur menjadi korban serangan ini, scan komputer Anda dengan software keamanan untuk memastikan komputer tidak terinfeksi virus.

Facebook memang sering dijadikan sasaran serangan hacker atau scammer untuk menyebarkan malware dengan cara mengelabui pengguna untuk men-download aplikasi berbahaya ke komputer mereka.
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Chandra Optiandi || STMIK Amikom Yogyakarta
Copyright © 2014. Welcome,Reader! - All Rights Reserved
Template Modify By : Chandra Optiandi
Proudly Powered By : Blogger