Facebook.
Facebook. (sumber: Facebook)
Jakarta - Facebook rupanya tahu kapan penggunanya akan punya pacar. Dalam temuan terbaru pusat analisis datanya, media sosial terbesar di dunia itu bisa meramalkan kapan penggunanya mengikat hubungan cinta dengan pengguna lain, seratus hari sebelum mereka mengumumkannya di dunia maya.
Menurut analisis Facebook Data Science, yang diumumkan pertengahan Februari silam, ditemukan bahwa akan ada peningkatan jumlahpostingan lintas lini massa antara dua pasangan calon kekasih jelang mereka "jadian".
Bahkan Facebook menemukan puncak tren naiknya jumlah postingan lintas lini massa antara dua calon pasangan di 12 hari sebelum keduanya mengumumkan status hubungan mereka di Facebook.
Dalam analisisnya Facebook memang hanya mengamati data para penggunanya, mereka yang mengumumkan perubahan status di media sosial tersebut, lebih khusus lagi yang membeberkan hari "jadiannya" di lini massa.
Penelitian itu sendiri berlangsung mulai April 2010 hingga 21 Oktober 2013.
"Dunia maya memberikan jalan untuk membangun interaksi dalam dunia fisik bagi para pasangan," tulis Facebook dalam blog resminya.
Facebook juga menemukan setelah para pasangan mengumumkan status hubungan mereka di lini massa maka postingan-postingan yang diunggah akan semakin romantis. Itu terlihat dari kata-kata yang lebih positif yang ditulis di lini massa seperti "cinta", "manis", dan "bahagia".