Latest Music :
Home » , , » BBM Sudah Mulai Dibobol Para Hacker!

BBM Sudah Mulai Dibobol Para Hacker!

Thursday, March 13, 2014 | 0 comments


Hacker

Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Hiralius Duha, menegaskan aksi hacker Blackberry Messenger (BBM) yang merupakan modus baru dalam dunia kejahatan dunia maya atau cyber crime ini, dilakukan pelaku, awalnya dengan membobol akun email yang menjadi ID Blackberry korbannya.

Menurut Duha, pelaku hanya bisa meng-hack BBM korban, jika akun email untuk ID Blackberry-nya tidak menggunakan akun email dari yahoo.com atau gmail.com.

"Untuk akun email yang emailnya menggunakan yahoo.com dan gmail.com, pelaku tidak bisa meng-hacknya. Karena untuk dua operator akun email itu, konfirmasi dari orang yang dianggap asing, masuk ke nomor telepon pemilik akun sebenarnya," papar Duha.

Sementara korban yang BBM nya bisa dihacker, kata Duha, adalah yang menggunakan akun email dari hotmail.com atau msn.com. "Sebab konfirmasi di akun email itu tidak melalui telepon. Karenanya pelaku berkali-kali mencoba terus, kemungkinan password calon korbannya, sampai akhirnya berhasil dibobol, dan digunakan untuk masuk dan menghack BBM korban," papar Duha.

Ia menjelaskan, Subdit Cyber Crime berhasil menangkap seorang pria hacker BBM di kawasan Bandung, Jawa Barat, 20 Februari 2014 lalu. Pria berusia 26 tahun itu mengaku sudah menghack profil BBM 3 orang korbannya. Penangkapan pria ini, berdasar laporan korban ke Subdit Cyber Crime Polda Metro Jaya pada 6 Januari 2014 lalu, atas nama Wibisono.

Sang hacker berhasil masuk ke profil BBM Wibisono dengan sebelumnya membobol akun email Wibisono yang digunakan untuk ID Blackberrynya. Menurut Duha, Wibisono diketahui menggunakan akun emal dari hotmail.com untuk ID Blackberrynya.
Karenanya pelaku mampu masuk ke profil BBM Korban. Dengan profil BBM korban, pelaku meminta uang ke kerabat Wibisono. Kerabat Wibisono mengalami kerugian Rp 9 Juta, karena mengirim uang ke rekening yang diminta pelaku karena mengira yang meminta adalah Wibisono.

Aksi hacker BBM, menjadi modus kejahatan baru belakangan ini. Tanpa disadari korban, para hacker mampu masuk ke profil BBM korban dan dapat mencuri semua data di BBM korban mulai dari foto, semua teman dan jejak conversation yang tersimpan. Dalam sekejap, BBM korban menjadi BBM pelaku yang terhubung dengan semua teman di BBM korban.

BBM pelaku menggantikan BBM korban tanpa ada pergantian profil picture, status atau personal message atau recent update di BBM. Para rekan korban yang terhubung di BBM, juga tak akan menyadari jika profil BBM korban sudah berubah menjadi BBM pelaku.

Sebab mulai dari foto (picture BBM), personal message dan status yang ada di BBM tetap sama dengan BBM sebelumnya termasuk jejak conversation sebelumnya. Namun jika rekan yang terhubung di BBM korban, melihat nomor pin BBM, akan diketahui nomor pin BBM yang sudah di hack akan berbeda dengan pin BBM korban sebelumnya.

Dari sana, pelaku memanfaatkan BBM korban, dengan meminta pinjaman uang kepada rekan korban yang terhubung di BBM yang dihackernya. Untuk itu, Duha, menghimbau kepada para operator akun email agar lebih memperketat keamanan akun email yang digunakan masyarakat terutama jika digunakan untuk ID Blackberry.

Sementara untuk masyarakat diimbau menggunakan akun email yang dianggap paling aman saat ini untuk ID Blackberry, yakni yahoo.com dan gmail.com. "Serta paling tidak password emailnya juga harus dirubah secara berkala untuk menghindari aksi hack BBM ini," katanya.
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Chandra Optiandi || STMIK Amikom Yogyakarta
Copyright © 2014. Welcome,Reader! - All Rights Reserved
Template Modify By : Chandra Optiandi
Proudly Powered By : Blogger