Latest Music :
Home » » Program Obfuscator Yang Membingungkan Para Peretas

Program Obfuscator Yang Membingungkan Para Peretas

Friday, February 7, 2014 | 0 comments



CALIFORNIA, (PRLM).- Para ilmuwan komputer telah menghabiskan puluhan tahun berusaha untuk menyempurnakan sistem yang membuat peretas tak berkutik. Dan kini para peneliti di California percaya bahwa mereka telah mampu melakukannya.
Menggunakan teknik yang dikenal sebagai 'obfuscating', Profesor Amit Sahai dan koleganya mengatakan kepada majalah Quanta, mereka telah menciptakan cara untuk mengubah file dalam program untuk membingungkan para peretas.
Obfuscator mampu mencampur unsur-unsur acak ke dalam kode perangkat lunak yang dimengerti hanya oleh orang-orang yang menjalankan program dengan cara tertentu dapat mengakses output yang benar, sementara bagi orang lain unsur-unsur tersebut tampak tak berarti.
Sahai menyebut sistemnya sebagai 'multilinear jigsaw puzzle', namun menambahkan bahwa akan lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuatnya tersedia bagi para pembuat perangkat lunak komersial.
Hal ini karena obfuscator membuat program tersebut menjadi tidak bisa dibedakan, kode yang dihasilkan bisa sulit untuk dikelola dan dianalisis.
Sejauh ini, sistem Sahai telah terbukti tak tertembus, meskipun berbagai upaya dilakukan peretas untuk menembus program yang dikaburkan itu. Dari hasil ujicoba juga membuktikan bahwa obfuscator bisa universal, yang berarti semua jenis perangkat lunak dapat dilindungi dari peretas.(Aya/A-147)***
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Chandra Optiandi || STMIK Amikom Yogyakarta
Copyright © 2014. Welcome,Reader! - All Rights Reserved
Template Modify By : Chandra Optiandi
Proudly Powered By : Blogger