Latest Music :
Home » , » Ini 'Hantu' yang Paling Ditakuti Pengguna Windows

Ini 'Hantu' yang Paling Ditakuti Pengguna Windows

Friday, February 7, 2014 | 0 comments

http://images.detik.com/content/2014/01/30/323/121351_virus2.jpgIlustrasi (Ist.)
Jakarta - Apa yang paling ditakuti pengguna komputer? Sebagian besar pasti menjawab virus! Ya, virus, malware, ataupun program jahat lainnya merupakan ancaman yang menghantui pengguna komputer.

Nah, di tahun 2014 ini ada satu program jahat yang paling ditakuti. Dia adalah Cryptolocker.

"Kalau ditanyakan kepada Vaksincom, menurut kami justru ancaman yang harus paling ditakuti di tahun 2014 sampai hari ini oleh pengguna Windows adalah Cryptolocker," tegas Alfons Tanujaya, analis virus dari Vaksincom kepada detikINET, Kamis (30/1/2014).

"Dan kami tidak terkejut kalau ancaman ini akan bertahan untuk jangka waktu yang sangat lama," lanjutnya.

Alasannya, lanjut Alfons, karena senjata utama Cryptolocker mengenkripsi data penting komputer korbannya dengan enkripsi RSA 2048 sangat ampuh dan tidak (atau belum) ada obatnya.

"Jika varian Cryptolocker terdeteksi oleh antivirus, mereka dengan mudah membuat varian lain untuk kembali menyerang," kata Alfons.

Cryptolocker juga memanfaatkan bitcoin untuk mendapatkan uang dan seperti kita ketahui hal ini sangat sulit dilacak. Vaksincom pun disebut Alfons memiliki bukti cukup kuat pembayaran ransom Cryptolocker melalui bitcoin.

Selain itu, Cryptolocker memiliki kemampuan membuat domain random yang akan dihubungi sehingga secara teknis sangat sulit memblokir situs yang akan dihubungi seperti yang pernah dilakukan dahulu oleh para vendor antivirus dalam menghadapi Conficker.

"Ada juga beberapa korporat yang sudah menjadi korban Cryptolocker," imbuh Alfons.

Vaksincom sendiri saat ini tengah berusaha untuk membuat tools anti Cryptolocker dan bisa membuat komputer kebal dari varian Cryptolocker yang ada.
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Chandra Optiandi || STMIK Amikom Yogyakarta
Copyright © 2014. Welcome,Reader! - All Rights Reserved
Template Modify By : Chandra Optiandi
Proudly Powered By : Blogger