Latest Music :
Home » » Awal Terbentuknya Slipknot

Awal Terbentuknya Slipknot

Sunday, April 15, 2012 | 0 comments




Slipknot adalah band nu-metal Amerika yang didirikan di Des Moines, Iowa pada tahun 1995. Band ini memiliki ciri khas yaitu selalu memakai topeng ketika tampil dalam suatu konser maupun dalam pembuatan video klip mereka. Saat ini, Slipknot memiliki 9 orang personil yaitu :


- #0 Sid Wilson (turntable)


- #1 Joey Jordison (drum)


- #2 Paul Gray (Bass)


- #3 Chris Fehn (Percussion)


- #4 James Root (Guitar)


- #5 Craig “133” Jones (Sampler)


- #6 Shawn “Clown” Crahan (Percussion)


- #7 Mick Thomson (Guitar)


- #8 Corey Taylor (vocal)


Pada awalnya, Slipknot hanya beranggotakan 6 orang yaitu Paul Gray pada bass, Joey Jordison pada drum, Donnie Steele pada gitar, Anders Colsefini pada vocal, Shawn Crahan pada perkusi, dan Josh Brainard pada gitar kedua. Pada saat itu, nama band tersebut masih menggunakan nama The Pale Ones hingga akhirnya pada akhir tahun 1995, Joey Jordison menyarankan mengganti nama band menjadi Slipknot.


Pada Februari 1996, Donnie Steele meninggalkan band meskipun anggota band lain menginginkan dirinya agar tetap menjadi anggota band, namun Steele tetap meninggalkan Slipknot. Kemudian, Craig Jones menggantikan posisi Donnie Steele sebagai gitaris. Tak berapa lama, Mick Thomson bergabung dengan Slipknot menjadi gitaris band tersebut. Craig Jones akhirnya menyerahkan posisinya sebagai gitaris kepada Mick Thomson dan Jones kemudian beralih menjadi sampler di band Slipknot. Dan pada 31 Oktober 1996, bertepatan pada hari Halloween, Slipknot meluncurkan album pertama mereka “Mate. Feed. Kill. Repeat.”


Pada tahun 1997, Corey Taylor yang pada saat itu masih berstatus sebagai vokalis band Stone Sour direkrut. Anders Colsefini yang tadinya berposisi sebagai vokalis kemudian beralih menjadi backing vocal dan perkusi. Beberapa lama kemudian, Anders Colsefini mengundurkan diri dari band. Posisi perkusi kemudian diganti Greg “Cuddles” Welts.


Pada tahun 1998, DJ Sid Wilson kemudian direkrut setelah memukau para anggota band Slipknot. Pada bulan Juli 1998, Greg Welts dipecat dan posisinya diganti oleh Chris Fehn. Greg Welts adalah pertama dan satu-satunya anggota Slipknot yang dipecat. Pada akhir tahun 1998, sang gitaris, Josh Brainard, mengundurkan diri dari band karena alasan pribadi. Kemudian pada tahun 1999, posisi gitaris kemudian diisi oleh James Root. Dan pada tahun yang sama, mereka mengeluarkan album self-titled mereka.


Sejak tahun 1999 sampai saat ini, belum pernah ada pergantian personil pada anggota band Slipknot. Meskipun banyak diantara mereka yang memiliki side project seperti Corey Taylor dan James Root dengan band Stone Sour dan Joey Jordison dengan band Murderdolls, mereka tetap menjalankan band Slipknot mereka hingga mencapai sukses sampai saat ini.


Profil Personil Slipknot :


Sidney George Wilson, biasa dikenal dengan nama Sid Wilson. Merupakan salah satu personil slipknot yang paling muda dan paling gila. Seringkali melakukan stage diving yang kadang kadang tidak disambut baik oleh crowd.Pada DVD volominal: Inside The Nine, Sid mengaku tidak akan melakukan stage diving lagi karena dia bisa dipenjara atas percobaan bunuh diri. Selain melakukan stage diving yang “sakit”, dia juga sering melompat ke drum set chris ataupun clown bahkan pada saat konser dia pernah berkelahi dengan clown. Oleh joey, Sid disebut dengan julukan “Ladies Boy”. Diluar slipknot, Sid bermain aktif sebagai DJ Statscream, sesuai dengan nama kelompok Transformers yang dia idolakan waktu masih kecil dan tattoo yang dia buat di kedua punggung tangannya [Autobots vs Megabots]. Sebagai DJ starcream, sid teragabung dengan label Japan/U.S. bernama N20 [Nitrous Oxide]. Untuk label ini Sid memainkan jenis musik hutan [Jungle Music] dan karyanya lebih dikenal di Jepang daripada U.S.

Aslinya bernama Nathan Jonas Jordison, atau biasa dipanggil Joey Jordison. Lahir 26 April 1975 di Des Moines. Dulu memiliki band local bernama Modifidius dan Anal Blast. Di Anal Blast, Joey bermain bersama sama calon personil slipknot yang lain seperti Paul Grey dan James root.Selain di slipknot, Joey juga bermain sebagai gitaris di Murderdolls band bergenre Glam metal/Horror Punk. Selain menjadi personil Murderdolls, Joey juga pernah menjadi produser 3 Inches of blood untuk album fire up the blades. Diluar itu, Joey juga membantu beberapa band terkenal untuk menabuh drum seperti Ministry, Korn, Metalica dan bahkan band black metal Noewegia format 2 pieces, Satyricon. Joey merupakan satu satunya personil slipknot yang paling banyak memiliki topeng. Dia memilih topeng kabuki Jepang karena pengalaman masa kecilnya di malam Halloween.


Lahir pada 8 April 1972 di L.A. dengan nama Paul Dedrick Grey. Merupakan salah satu personil asli slipknot dan juga dikenal sebagai personil yang sangat dekat dengan fans Slipknot. Memiliki band local seperti Anal Blast [seperti beberapa personil slipknot yang lain], Vexx, Inveigh Catharsi dan Body Pit. Dan dia juga kidal.


Bernama lengkap Chris Fehn. Bergabung dengan slipknot pada tanggal 8 Juli 1988, menggantikan Greg “Cuddle” Welts pada perkusi. Memakai topeng jenis Jester dengan hidung panjang seperti pinokio. Variasi topeng yang digunakan tidak terlalu banyak berubah, tetap dengan topeng hidung panjang 13 cm dan warna dari topengnya biasanya berwarna putih ataupun merah.


Dilahirkan pada 2 Oktober 1971 dengan nama James Root. Biasa dipanggil Jim. Bergabung dengan Slipknot sebagai gitaris atas undangan sang vokalis untuk menggantikan Josh Brainard. Sebelum bergabung dengan corey, memiliki band bernama Stone Sour, Jim juga bermain dengan band band local Des Moines seperti Anal Blast, Deadfront dan Atomic Opera.


Lahir pada 11 Februari 1972 dengan nama lengkap Craig Michael Jones. Awalnya bergabung dengan slipknot sebagai gitaris, menggantikan Donnie Steele. Tapi kemudian Craig berpindah intrumen menjadi media sampler karena pada dasarnya menyukai pekerjaan yang ada hubunganya dengan computer. Menggunakan topeng dengan duri-duri tertancap dikepala yang melambangkan kesakitan. Pada era awal menggunakan helm diving dengan duri-duri. Pada perkembanganya kemudian berkembang helmya menggunakan spandex dengan ritsleting di mulut dan paku-paku sepanjang 9 inchi menghiasi kepalanya. Dengan topeng sakitnya itu, pernah mengalami insiden dengan fans yang ingin meminta tanda tangannya dan juga termasuk beberapa insiden yang konyol pada saat melakukan Headbanging. Dikenal dengan nickname “133” karena pada waktu itu angka 133 MHz merupakan clockspeed tertinggi yang dimiliki prosessor. Craig dikenal sebagai satu-satunya personil slipknot yang mempertahankan karakteristik anatominya. Selalu datang pertama kali dengan topeng dan selalu segera turun panggung setelah konser selesai sehingga banyak kru yang tidak pernah melihat wajahnya. Craig merupakan orang yang paling bertanggung jawab dalam urusan website resmi slipknot [slipknot1.com].


Lahir 24 september 1969 dengan nama Michael Shawn Crahan. Dia merupakan biang keladi terlahirnya band slipknot. Awalnya dia bermain sebagai drummer di band bakal slipknot, ketika Joey bergabung, shawn berpindah ke perkusi. Di luar slipknot shawn juga memiliki proyek seperti Dirty Little Rabbits [tergabung sebagai drummer] dan to my Surprise.


Memiliki nama asli Michael Gordon Thomson, biasa dipanggil Mick Thomson. Lahir pada tahun 1973. Bergabung dengan slipknot sebagai gitaris pada tahun 1996 menggantikan Craig 133 Jones yang sebelumnya berpindah sebagai media sampler untuk slipknot.


Dilahirkan pada 8 Desember 1973 dengan nama Corey Todd Taylor. Dibesarkan dalam keadaan yang miskin oleh ibunya sendiri, tanpa kehadiran seorang ayah. Baru bertemu dengan ayah kandungnya pada umur 37 tahun. Bergabung dengan slipknot pada tahun 1997 menggantikan Andrew Rouw a.k.a Anders Colsefini sebagai vokalis.
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Chandra Optiandi || STMIK Amikom Yogyakarta
Copyright © 2014. Welcome,Reader! - All Rights Reserved
Template Modify By : Chandra Optiandi
Proudly Powered By : Blogger